Sabtu, 28 Oktober 2017

Keyakizaka46 VS TWICE Mengapa harus membandingkan? Belajar jadi fans yang dewasa.

Keyakizaka46 VS TWICE Mengapa harus membandingkan? Belajar jadi fans yang dewasa.





Di cuaca yang mendung pagi hari ini tepat di hari peringatan sumpah pemuda, terbesit keinginan untuk menuliskan catatan kecil dari perjalanan ngidol saya.Karena hal ini cukup mengusik ketenangan saya karena lini masa saya sekarang sedang hype fans TWICE yang tidak terima IDOLnya disamakan di rivalitaskan dengan keyakizaka46 dan menjatuhkan keyakizaka46 lewat artikel yang di sebar di salah satu media ternama jepang. Dan fans keyakizaka46 yang benar-benar ter”triggered” dan menjadi-jadi di sosmed karena tidak terima idolnya diatuhkan. Lagi-lagi drama KPOP VS JPOP dalam bentuk lain.

Keyakizaka46 dan TWICE adalah 2 grup yang benar-benar mendapat banyak perhatian khalayak pengidol bahkan saya cukup familiar karena di linimasa saya baik fb maupun twitter banyak mutual yang membagikan konten mereka. Popularitas yang tinggi tersebut wajar kalau ada segelintir “fans” yang overproud mengaku idol nya lebih baik dari yang lain begitupun sebaliknya memicu terjadinya “virtual battle my idol is the best yours is shit”.  Yang menjadi perhatian dan kecemasan saya disini adalah yang tubir justru banyak orang Indonesia. Ok kita anggap permasalahan ini dalam luang lingkup peridolan nasional saja, tak usah membawa fandom internasional. Cukup jadi bahan instrospeksi diri.
Seharusnnya sebagai penikmat konten sesat jangan hanya karea perbedaan selera cewek-cewek cantik kalian menjadi heboh dan tak terkendali. Pertama ngidol itu harusnya jadi hiburan bukan arena adu argumen. Kedua perbedaan selera,pendapat itu wajar saja terjadi bahkan didalam era serba drama sosmed seperti sekarang apapun perbedaannya bisa menjadi masalah yang ujungnya runcing, jadi tahan emosi anda, jangan mudah terpancing. Ketiga jika anda kesal dengan opini seseorang yang menyerang idol anda, anda bisa memberi feedback tanpa offense ke si pemicu tubir tersebut.

Contoh nya : Walaupun TWICE lebih populer dan terkenal gue tetap tetep suka sama konsep keyaki yang anti mainstream dengan lagu2 yang up to beat dan member2nya mampu menarikan koreo yang sulit, itu selera saya.
Jujur gue lebih suka TWICE karena mereka imut cantik dan talented *no offense selera orang berbeda*
Gue fans TWICE tapi gue juga suka keyaki menurut gue ga ada yang perlu di bandingin dan diributin, keduanya sama2 ido grup potensial punya konsep dan tema yang berbeda. Mereka terbaik bagi fans nya masing-masing.

“Tapi tetap aja kesel liat kok fans masing-masing saling menjatuhkan. Gue ngidol cari kesenangan tapi kok isinya tubir semua gimana sebaiknya?”



Kalimat yang sering saya dengar dari mutual di sns. Lantas bagaimana menghadapi situasi tersebut? Intinya kalian ga usah terlibat biarkan orang mau ngomong apa yang penting kamu tetap jalan. Tips dari saya adalah cermat memilih circle dalam suatu fandom. Jika mutual kamu dalam circle atau fandom yang berisi orang-orang suka drama tinggalin.  Dan lebih aman jika sekalian tidak usah terlibat dalam suatu fandom, ibarat solo player kamu bisa menikmati konten idol favorit tanpa gangguan opini-opini ga jelas dari orang lain. Terakhir ngidol,falgirling,fanboying apalah tolong jangan dibawa terlalu serius sampai-sampai kamu ngotot mempertahankan argumen kamu dan gotot-gototan dengan orang kita sendiri. Ingat bro hidup bukan Cuma buat follow idol dan ingat kita orang Indonesia. Ketika sekelompok orang Indonesia bertengkar gara-gara idol grup korea dan jepang rasanya miris hati ini. Seolah-olah jasa para pemuda yang mencetuskan sumpah pemuda itu mengikis artinya.
Itu hanyalah sekedar opini yang ingin saya sampaikan karena tangan saya gatal untuk mengingatkan rekan-rekan semua.
Maaf jika ada kesalahan kata ataupun kata-kata yang tidak berkenan di hati kalian.

1 komentar:

  1. mereka punya pesona nya masing masing tidak perlu untuk dibandingkan nice blog


    Jual mobil bekas Bandung

    BalasHapus