Rabu, 20 September 2017

[Review Anime] Hanasaku Iroha

Review Anime : Hanasaku Iroha

Dari kanan ke kiri : Matsumae Ohana, Tsurugi Minko,Wakura Yuina, Wajima Tomoe,Oshimizu Nako



Prakata :

English: Hanasaku Iroha: Blossoms for Tomorrow
Japanese: 花咲くいろは

Atau  kalau bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Bunga Mekar di esok hari #halah
Ok,sejujurnya ini adalah pertamakali saya menulis review anime. Maka dari itu saya mohon maaf kalau belum bisa menulis review dengan baik m(____)m. Hanasaku Iroha merupakan anime yang bergenre slice of life besutan PA Works. Sebenarnya ini anime tahun  2011 tapi baru saya tonton awal 2017 lalu -__-. Temen saranin nonton anime ini, tapi pas ditanya ini anime tentang apa, dia malah jawab anime tentang kerja di penginapan. What?! Kerja di penginapan apakah topik yang biasa-biasa itu bisa di bikin cerita yang bagus? Eits jangan salah, ceritanya jauh lebih menarik dari kedengerannya loh. Ok langsung saja capcus ke TKP.

Sinopsis :

 Matsumae Ohana adalah seorang gadis energik yang seringkali bersikap terlalu realistis dan spontan. Dia di asuh oleh ibunya yang merupakan single parent dan tinggal di Tokyo. Ibunya membesarkan Ohana dengan cara agak berbeda yaitu jangan pernah percaya dan bergantung dengan orang lain, walaupun keluarganya sendiri.  Dan tiba-tiba ia dipaksa untuk menemui neneknya yang punya penginapan di desa karena sang ibu yang ingin melarikan diri dari debt collector bersama pacarnya *duh*  tapi sayangnya ia belum pernah bertemu sekalipun dengan neneknya tersebut.
Tiba disana ia juga harus beradaptasi dengan lingkungan pedesaan dan orang-orang yang bekerja dipenginapan. Ohana pun mau tak mau harus bekerja  sebagai pelayan jika ingin tetap tinggal disana.


Review:
Kalau kamu berpikir bahwa cucu dari seorang pemilik penginapan bisa dapat perlakuan istimewa, tapi tidak demikian dengan Ohana ini. Tiba disana ia tiba-tiba dipaksa untuk bekerja. Dia yang belum punya pengalaman bekerja sama sekali dipaksa untuk menerima tantangan baru dengan orang-orang baru di penginapan tersebut. Nah nenek nya si Ohana ini tegas banget orangnya. Baru datang aja dia udah di omelin. Dan pas hari pertama kerja, dia melakukan kesalahan yang mengakibatkan tamu penginapan terusik.  Dan alhasil boom! Dia merasa dia ga guna disana dan membuatnya kesal dan ingin sekali membuktikan bahwa dia juga bisa bekerja.
Saya yakin dengan latar belakang pedesaan dan penginapan tradisonal jepang ceritanya bakal boring atau sekedar drama yang membuat protagonis menjadi lebih baik. Jujur saja waktu awal nonton anime ini kok kesannya dark banget seperti terbawa pemikiran Ohana yang realistis,,,, ya realistis terlalu realistis  Ini anak gemesin  kalo ngomong dah gitu ga bisa baca suasana 空気をよめない kuuki woyomenai  atau istilah bekennya gak peka.

Ini anak kalo ngomong asal jeplak




Apa yang membuat anime ini layak untuk di tonton adalah character development yang bagus dan drama yang berhasil mengaduk aduk perasaan saya beneran ini serius dan tidak lupa selingan komedi yang bikin suasana kembali santai dan rileks. Komedinya ini saya suka banget karena ga berlebihan dan sesuai kehidupan sehari-hari.  Seperti yang saya sebutkan hal yang menarik bagi seri ini adalah hubungan antar karakter yang kuat yang di tampilkan di masing-masing episodenya. Jadi setiap episode sang protagonis dihadapkan oleh sebuah event yang membuat dia semakin mengenal kepribadian tokoh-tokoh lain.
Orang-orang di penginapan Kissui menyambut Sang Pemilik

Ok kurang lengkap kalau saya hanya membahas sang tokoh utama, karena menurut hemat saya  peran besar supporting role yang justru membuat cerita menjadi menarik dan menjadi semakin dalam #halah. Bahkan si Kou yang muncul awal-awal dan baru muncul lagi pas pertengahan eps 8, memberikan impact besar dalam jalannya cerita. Satu lagi point kuat dimana menurut saya wajib dalam setiap anime terutama yang bergenre slice of life ini adalah perwatakan yang kuat, alias kepribadian setiap karakter yang ditunjukan dalam sebuah scene-scene tertentu. Bahkan karakter yang saya kurang sukai di awal seperti Nakochi, Tohru, Minchi, dan sang Pemilik, Shijima Sui berubah menjadi karakter yang loveable seiring berjalannya cerita. Nakochi love love <3
Nakochiiiiiiii >.<


Pergeseran genre nya juga cukup membuat perasaan saya  teraduk-aduk. 8 episode awal penuh dengan scene komedi drama yang sukses bikin tawa. Tapi episode selanjutnya  bergeser ke drama yang prosinya lebih besar,dan konflik yang lebih dalam menuju penyelesaian akhir cerita. Selama episode berikutnya kita bakal dibawa mengikuti pergolakan Ohana dalam menyelesaikan masalahnya.
Cup cup dek jangan nangis :"


Selain cerita yang disuguhkan dengan epik di anime ini, yang gak kalah menarik adalah grafiknya yang mantabss. Desain karakter yang imut buangettt dan cantik untuk ceweknya love you nakochi ,,,  khas PA work ini di gambar oleh Karakter Desainer Sekiguchi Kanami san. 
Dia juga karakter desainer dari anime shirobako. Makanya ga heran kalo karakter Ohana mirip sama Miyamori. 
Hanasaku Iroha girls 



Untuk ukuran anime tahun 2011 saya yakin grafis nya sudah sangat bagus dan mumpuni dari segi detil dan pewarnaan. Yaiyalah P.A Works gitu hehehe. Latar belakang suasana pedesaan yang indah,tranquil bikin mata adem liatnya. Berasa kita juga tinggal disana. Tradisi masyarakatnya pun tak luput di ceritakan dalam anime ini. Fyi latar belakang cerita ini adalah kota fiksi bernama Yasunogi.





Gak Cuma itu opening songnya juga sukses bikin saya ga skip lagunya karena easy listening walaupun agak gimana gitu sama suara vokalisnya. Walaupun begitu Hana no Iro by Nano.Ripe betah nonkrong di playlist saya hehehe.
Tapi bukan berarti anime ini gak punya kekurangan. Menurut saya kekurangannya adalah jumlah episode yang kebanyakan dan seakan-akan merupakan eps filler atau tambahan dan ending cerita yang lagi terlalu realistis :3 entah karena tidak seperti ekspektasi saya. Dan saya gak terlalu suka sama suara nya Minko gak tau kenapa. Kayanya ga cocok aja sama kepribadian dia yang cool. Tapi salut buat seiyu senior kita Honda Takako san yang sukses meranin 2 karakter yang punya suara berbeda yaitu Matsumae satsuki dan Shijima Sui yang tidak lain dan tidak bukan adalah ibu dan neneknya Ohana sendiri.

Verdict : 8.5

Total enjoyment dalam menonton anime ini dalah penceritaan yang baik dalam eksekusi setiap scenenya, pace nya yang kalem dan ga terburu-buru dan karakter-karakter cewek yang moe *plak*. Kalau saja tidak ada episode filler yang ga berhubungan dengan inti cerita dan ending yang lebih greget saya akan menaikan ratingnya.

Akhir kata : 

Hanasaku Iroha merupakan anime yang memberikan impact yang besar buat saya pribadi. Bagaimana hati saya tergerak oleh orang-orang di Kissui yang sangat mencintai dan tulus dengan pekerjaannya. Struggle nya Ohana sebagai remaja yang sedang mencari jati diri dan menjadi lebih baik. At least recommended banget buat kamu yang suka nonton anime slice of life,drama dan komedi yang ada cewek cakepnya :v....

2 komentar:

  1. suka sama anime ini gambarnya sangat bagus sukaa

    event indie go ahead people

    BalasHapus
  2. How to Play Roulette in New Zealand - JTG Hub
    Learn more about how to play roulette online 제천 출장안마 in New Zealand. Learn about how to play roulette online in New Zealand. 제주도 출장마사지 Learn 파주 출장마사지 about 구리 출장마사지 the rules for 과천 출장샵 roulette games

    BalasHapus