Jumat, 22 September 2017

[Review Anime] Koi To Uso

[Review Anime] Koi To Uso


Searah jarum Jam: Takasaki Misaki, Sanada Ririna, Nejima Yukari, Nisaka Yuusuke

Konnichiwa minna, Onew desu~

Anime summer sebentar lagi akan berakhir, dan banyak dari series anime musim ini yang sudah tamat alias selesai. Kalian ngikutin anime apa musim ini? Kalau onew musim ini hanya sedikit yang di ikutin. Mumpung lagi anget-angetnya mari lah kita review anime yang baru selesai musim ini. Yaps Koi to Uso. Anime dengan plot twist yang bikin banyak drama di TL fb saya hehehe. Koi to Uso kalau diartikan kurang lebih Cinta dan Kebohongan. Siapakah cinta sejati dan siapakah kebohongan? Ok langsung saja simak reviewnya berikut:

Sinopsis:

https://myanimelist.net/anime/34934/Koi_to_Uso


Dalam masyarakat Jepang modern, untuk mengantisipasi semakin menurunnya angka kelahiran, Pemerintah Jepang membuat suatu sistem yang kompleks "The Red Threads of Science” yaitu ketika remaja jepang yang telah berumur 16 tahun akan mendapat pemberitahuan dari pemerintah terkait siapa jodohnya dimasa depan. Nejima Yukari akan berumur 16 tahun, namun ia menolak sistem ini dan sebelum ia menerima pemberitahuan, ia menyatakan cinta nya kepada teman sekelasnya Takasaki Misaki yang ia sukai sejak SD. Tak disangka Takasaki pun menerima perasaannya namun sebelum semuanya berjalan Nejima menerima pemberitahuannya dan menyatakan bahwa gadis bernama Sanada Ririna adalah pasangannya. Namun setelah bertemu Ririna malah menjadi tertarik dengan kisah cinta antara Takasaki dan Nejima.

Review:

Ok, sebelum saya review, saya ingin bertanya kepada kalian. Bagaimana perasaan kalian seandainya untuk memenuhi program pemerintah untuk menaikan angka kelahiran, jodoh kalian sudah di atur sedemikian rupa? Pasti ada pro dan kontra. Seandainya kalian punya crush sendiri tapi fate doesn’t let you to be together with your love. Bayangin bro gimana rasanya pasti sakit kan? #halah abaikan

Koi to Uso adalah anime bergenre drama romance, slice of life, school life yang pasti salah satu dari sekian banyak anime bergenre sama diangkat dari manga dengan judul yang sama. Bercerita tentang kehidupan Nejima Yukari sebagai protagonist utama dari cerita ini. Ia adalah seorang remaja yang biasa-biasa saja namun memiliki passion terhadap kuburan-kuburan kuno, Takasaki Misaki, crush nya si Nejima, Sanada Ririna cewek cakep yang di jodohin sama Neji dan hmmm elemen kejut kita Nisaka  Yuusuke teman sekelasnya Neji (ok saya akan nulis Neji buat selanjutnya karena lebih cepet).

Main characters

Hal yang menarik dari series ini terletak dari segi topik yang diangkat yaitu perjodohan! Dan kisah cinta antara empat tokoh utama, dan struglenya protagonist  untuk menemukan siapakah cinta yang ia pilih. Di episode awal kita bakal dibawa ke dunia remaja dan gimana sih perasaan mereka yang masih awam tentang cinta. Penceritaan yang baik, hubungan antar karakter yang di buat simple dan suasana teenagers yang kerasa banget disini diselingi adegan-adegan polos tapi mesum nya Neji si cowok gaje. Di eps 1-4 kita dibuat terperangah dengan reaksi Ririna yang malah tertarik dengan hubungan antara Neji dan Misaki. Dibalut dengan pace yang pas, ga terburu-buru dan yang pasti bikin enjoy liatnya. Ok untuk bagian Nisaka kalian tonton sendiri yah kan saya bilang dia elemen kejut :v.


Memasuki tengah-tengah bagian saya rasa disini mulai stuck ceritanya bahkan saya hampir ga bisa ngikutin dengan sepunuh hati pas nonton, Boring yaps boring entah kenapa kita seperti naik roller coster yang awalnya naik turun kemudian jalan aja lurus sampai ending. Bahkan ketika conflict antara Neji dan Ririna setelah mengikuti pelatihan pasangan disalah satu eps. Penyelesaian yang berlarut-larut sampai beberapa eps berikutnya dan tidak diakhir dengan pas. 

Sanada Ririna tersayang

Character development nya kurang greget, biasanya sang protagonist yang lemah di awal menjadi lebih baik di akhir dengan banyak nya strugle dan dukungan dari tokoh lain, tidak dengan Neji. Dia betul-betul konsisten dengan sikap plinplannya sampai akhir. Yang menarik disini adalah justru strugle nya character yang punya crush ke Neji. Dan Misaki adalah favorit saya disini. Walaupun secara appearance saya lebih suka Ririna #dikeplak. Misaki tahu bagaimana perasaan dia yang berharga terhadap seseorang dan cara menghadapi realita. Flashback kenangan Misaki menjadi favorite saya. Sepertinya tidak adil kalau saya mengesampingkan Nisaka, justru dia yang menjadi pengarah cerita disana, dialog-dialognya dengan karakter lain yang membuat karakter tersebut memikirkan tentang apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Good Job Nisaka!


Nisaka kalau ngomong pedes tapi bener :"

Anime besutan LIDENFILMS ini punya art yang tergolong unik untuk design characternya. Dengan aura shoujo yang kental dengan mata besar dan bulu mata lentik. Seems that they’re overdone with it. But i like it. Ceweknya di buat cantik dan cowoknya dibuat ganteng kecuali Neji. Buat saya yang gak ngerti grafis, gak pantas sih menilai tapi saya tetap mengulasnya dari sudut pandang penikmat.  Saya paling suka scene pas mereka berempat gandengan tangan di terangi kunang-kunang. It’s deep.

memorable scene, best scene in this series


Dan yang saya suka lagi dari series ini adalah opening song dan ending song yang catchy. Saya suka endingnya Can’t you say By Roys, itu resembles perasaannya Misaki banget damn you Neji  dengan clip yang keren. Saya suka sih sama seiyu-seiyunya. Apalagi seiyunya Misaki. #dikeplak Kanachandaisukii..
Misaki aaaaaa



Sepertinya saya sudah cukup mengutarakan beberapa kekurangan dari anime ini yang menurut saya mengganjal hati dan kokoro.Ok saya review lagi kekurangan anime ini :

  1.         Pace yang begitu bagus menjadi muter-muter dalam setengah eps menuju akhir.
  2.         Development character yang hambar. Interaksi antar tokoh yang aneh dan kurang greget kecuali Nisaka. Nisaka lagi.
  3.         Beberapa scene yang terlalu “berlebihan” untuk anime rating 13
  4.        Cerita yang seolah gak ada konklusi diakhir bikin cerita yang tadinya promising dropped banget.

Verdict : 6.7

Over all saya total enjoyment dalam anime ini terletak di dramanya. Dan adegan-adegan heartwarming kedua FMC yang cute dan elemen kejut Nisaka yang berperan banyak :v
Ini hanyalah pendapat pribadi saya. Walaupun banyak respon negatif tapi anime ini tetap saya rekomendasikan bagi kalian para pencinta drama yang suka plot twist berbelit-belit :v
Seandainya plot diakhir lebih berkembang dan character development yang bagus dan menjadikan seri ini patut di kenang dan dinanti kelanjutannya, mungkin ratingnya akan lebih dari ini.



1 komentar: